Rabu, 20 Februari 2013

Hati-hati stres di tempat kerja!


Hati-hati stres di tempat kerja!

 


picture-2
Kehilangan nafsu makan, pegal-pegal, tidak bisa tidur adalah beberapa dari sekian gejala kelelahan. Memang pekerjaan tidak dapat ditinggalkan, manajer anda berharap banyak pada anda, dan klien anda pun tidak dapat ditinggalkan begitu saja. Hati-hati, apabila gejala kelelahan tersebut muncul di saat anda merasa tertekan pada pekerjaan ada, maka ada kemungkinan semua gejala tersebut dikarenakan stres di tempat kerja.
Apa yang menyebabkan stres di tempat kerja terjadi? berikut adalah beberapa penyebab dari munculnya hal tersebut:
1. Tidak ada apresiasi
Bayangkan apabila anda bekerja keras memutar otak, tenaga dan waktu demi menyelesaikan tugas yang diberikan atasan, namun pada saat penyerahan tugas tersebut, atasan anda menerima tanpa menunjukkan apresiasinya.
2. Tidak ada umpan balik (feedback)
Ternyata, tidak adanya umpan balik akan baik buruknya kinerja kita di kantor dapat memancing stres. Bagi karyawan yang ingin terus mengembangkan kemampuan dan karirnya akan merasa bahwa dirinya hanya “jalan di tempat” apabila tidak adanya umpan balik yang bersifat membangun.
3. Ketidak jelasan karir / pekerjaan
Ketidakjelasan mengenai karir / pekerjaan dapat muncul dalam beberapa bentuk. Ketidakjelasan yang pertama adalah ketidak jelasan terhadap keberlangsungan perusahaan – apakah perusahaan tempat seseorang bekerja dapat bertahan. Kedua, tidak adanya uraian jabatan (job description) yang jelas dapat memicu stres dalam pekerjaan karena hal tersebut membuat si karyawan merasa bahwa ia dieksploitasi (karena pekerjaan yang diberikan terlalu banyak) ataupun tidak diberi kesempatan berkembang (karena pekerjaan yang diberikan hanya sedikit).
4. Ketidakpercayaan dan ketidakadilan
Kultur perusahaan yang memupuk rasa ketidak percayaan antar karyawannya dapat memicu stres seseorang. Ketidak adilan atasan dalam memberikan penilaian pun dapat membuat seseorang merasa stres terhadap tempat kerjanya.
Beberapa hal yang telah disebutkan di atas adalah sebagian dari keseluruhan penyebab stres di tempat kerja. Pernah mengalami salah satu hal di atas? Untuk yang menjawab “ya”, jangan panik terlebih dulu. Berikut adalah beberapa opsi untuk mengatasi stres:
1. Jalan-jalan
Apabila merasa pegal-pegal ataupun tidak segar di dalam kantor, keluarlah sebentar! Jalan-jalan sebentar dalam jangka waktu 10 menit atau dapat lebih.
2. Lakukan aktivitas yang dapat mengembalikan energi anda
Anda bermain futsal, atau punya hobi lain? Segeralah bergabung dengan teman anda yang memiliki hobi yang sama tiap minggunya pada jam pulang kantor.
3. Bertemanlah di dalam maupun luar kantor
Sebuah penelitian mengatakan bahwa sekitar 50% orang yang memiliki teman dekat di lingkungan kerja dapat meningkatkan kepuasan kerja seseorang.
4. Segera rencanakan liburan!
Jangan lupa bahwa anda punya cuti! Segeralah berkemas-kemas dan pergilah ke negara yang anda tuju setelah keuangan anda mencukupi.
5. Tarik nafas panjang
Saat mengalami steres, kita cenderung untuk bernafas di permukaan saja, sehingga sel-sel otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Cara paling mudah dan cepat adalah tutup mata anda, fokus dalam menghirup udara secara perlahan dan buang perlahan juga. Lakukan secara kontinyu selama semenit atau dua menit.
6. Tertawalah!
Tahukah anda, bahwa humor dapat mengurangi stres di lingkungan kerja?
Sekian beberapa tips dalam mengatasi stres pada lingkungan kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar