Minggu, 24 Maret 2013

MEDITASI

Meditasi adalah latihan olah jiwa yang dilakukan dalam keadaan sadar dengan tujuan agar dapat menyeimbangkan kondisi fisik, emosi, mental dan spiritual.
Sudah sejak ribuan tahun yang lalu meditasi ini dipraktekkan di negara2 timur. Namun sejak tahun 1980 meditasi berkembang pula di negara2 maju, seiring dengan semakin kompleksnya persoalan hidup manusia. Karena diyakini bahwa meditasi dapat menghilangkan kecemasan, stress dan depressi. Ketenangan jiwa yang diperoleh dalam meditasi memungkinkan kita untuk dapat berpikir jernih, dapat mengambil keputusan dengan tenang dan benar. Bahkan mereka yang secara rutin melakukan meditasi akan terlihat lebih percaya diri, lebih sehat, lebih berseri dan berwibawa.

Berdasarkan penelitian di beberapa Rumah Sakit yang menyisipkan kegiatan meditasi bagi pasien2nya, ternyata tercatat adanya peningkatan kecepatan kesembuhan. Meditasi dapat digunakan untuk menormalkan detak jantung, melepaskan kecanduan narkotika, dan self healing.

Dalam aplikasi lebih lajut, melalui meditasi kita dapat memasuki alpha state, dimana pada kondisi ini kita dapat melakukan : Penemuan jati diri yang sejati, komunikasi batin, visualisasi kreatif, astral travelling, chanelling, healing dan lain2nya.

Meditasi itu tidaklah sulit ! Tidak memerlukan syarat dan aturan yang ketat ! Justru kita harus melaksanakannya dengan santai dan relaks ! Sesantai sewaktu kita membaca buku atau surat kabar !
Relaks, fokus tetapi tetap santai, merasakan proses yang terjadi, sampai kita merasakan rasa hening yang semakin dalam ! Pertahankan kondisi ini seberapa lama anda mampu, tetapi jangan dipaksakan. Bila anda capek, berhentilah ! Sebagai pemula, cobalah luangkan waktu anda setiap hari barang 15 - 20 menit.
Jangan mengharapkan hasil meditasi ini hanya dengan 1 atau 2x latihan saja. Hasil dari latihan meditasi
ini akan merupakan akumulasi hasil dari latihan2 yang secara teratur kita lakukan. Ibarat orang menaiki tangga berputar.....tetaplah berjalan naik keatas, tanpa terasa .... tahu2 kita sudah sampai di lantai atas....!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar