Sabtu, 02 Maret 2013

Menjadi Pribadi Yang tidak Malas

   Jika Anda seorang pelajar/mahasiswa ada baiknya Anda membaca note ini. Seorang pelajar/mahasiswa ada kalanya mengalami malas belajar.

Well, sebelum kita ulas secara mendalam ada baiknya kita mengetahui arti malas sendiri.
Menurut KBBI ma·las a 1 tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu: orang yg -- itu lebih senang mengemis dp bekerja; 2 segan; tidak suka; tidak bernafsu: -- rasanya mengunjungi rapat spt itu; jangan -- bertanya;
ma·las-ma·las·an v bermalas-malas;
ber·ma·las-ma·las v duduk (tiduran dsb) tanpa berbuat sesuatu (berlengah-lengah): ia sehari-harian - saja di rumahnya;
me·ma·las·kan v menjadikan (menyebabkan) malas: itulah yg - hatiku membaca buku itu;
pe·ma·las n (orang) yg suka malas; yg bersifat malas: ia - dan suka berjudi;
ke·ma·las·an 1 n perihal malas; sifat (keadaan) malas: jika datang -nya, ia tidak bergerak dr tempat tidurnya; 2 a terlalu malas; malas yg berlebihan. Ok, sudah tahu apa itu malas kan ?

            Nah, sebenarnya apa sih yang menyebabkan kita itu malas ?
1. Galau
2. Tidak suka terhadap yang dilakukan
3. Pengaruh teman
4. Tidak bisa terhadap yang dilakukan
5. Bad mood
6. Kecapean
Mari kita bahas satu persatu, galau. Sebenarnya apa sih galau itu ? Galau bisa diartikan bimbang, bingung, resah. biasanya kita galau karena gagal bercinta. Yang kedua penyebab malas adalah tidak suka terhadap yang dilakukan. Biasanya, kita benci n illfeel. Karena tidak suka dengan matematika otomatis tidak suka mengerjakan PR matematika. yang ketiga penyebab malas adalah pengaruh teman. Ada kalanya teman sebangku kita di kelas mengajak kita bolos pas pelajaran. Mungkin, karena tidak suka dengan gurunya dan enek liat mukanya, so bolos adalah pilihan alternatif. Selanjutnya adalah Tidak bisa terhadap yang dilakukan. Karena tidak bisa matematika otomatis biasnya kita enggan untuk mengerjakan PR MTK. So, akibatnya kita gak pernah bisa dapet nilai 80 keatas. penyebab kelima adalah Bad Mood. Biasa remaja kalau udah bad mood pastilah gak mood ngapa-ngapain. Yang terakhir adalah kecapean. Biasanya kalau udah kecapean langsung tidur deh gak belajar.

         Lalu, bagaimanakah solusinya ?
1. Menghadiri atau mengikuti motivasi, sehingga kita dapat termotivasi dan semangat kita muncul.
2. Melawan rasa malas, inilah yang sulit. Kita harus melawan rasa malas itu sendiri bagaimana pun caranya.
3. Ingat pada seseorang yang kita cinta sehingga menumbuhkan rasa semangat. Cara ketiga ini mungkin bisa membantu. Ketika kita ingat pada seseorang yang kita cinta, pacar mungkin. Kita bisa termotivasi, dan membuat persembahan untuk yang kita cinta. Misalnya, kita gak bisa matematika lalu kita study hard. Kita study hard untuk mempersembahkan pada orang yang kita cinta.
4. Jangan lupa berdoa, Bagaimana pun kita harus berdoa setelah berusaha. Karena Tuhan yang menentukan.

Good luck, bisa dicoba di rumah :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar